Sabtu, 09 Juni 2012

5 Fakta tentang Belanda


Belanda merupakan salah satu negara yang terpadat di dunia dan kebanyakan tanahnya berada di bawah permukaan laut. Belanda juga terkenal dengan dijk (tanggul), kincir angin, terompa kayu, tulip dan sifat terbuka masyarakatnya. Berikut uniknya.com menampilkan 5 fakta unik terkait Negeri Kincir Angin ini:
1. Populasi Sepeda 22 Juta Unit
Sebutan lain yang populer untuk negeri Belanda adalah negeri sepeda. Sebutan ini amat lekat sebab hanya Belanda yang mempunyai jumlah sepeda terbanyak di dunia. Dibandingkan dengan penduduknya yang hanya berjumlah 16,6 juta jiwa, populasi sepeda di negeri belanda mencapai 22 juta unit. Artinya, sejumlah warga mempunyai lebih dari satu sepeda.

Demikian besarnya populasi sepeda di Belanda, membuat kendaraan kayuh tanpa bahan bakar ini benar-benar menjadi raja jalanan. Semua kalangan bersepeda, dari  menteri, warga darah biru, walikota, usahawan, pegawai negeri sipil, sopir bus, sampai penyapu jalanan.
2. Gunung Tertinggi 323 m
Salah satu keunikan Negeri Belanda ialah permukaan tanahnya yang sangat rata. Hampir separuh daripada negara Belanda berada kurang 1 meter dpl. Walaupun demikian, provinsi Limburg, yang berada di bagian tengara negeri Belanda, sedikit berbukit. Dataran tertinggi di Belanda hanya setinggi 323 m dan hal tersebut sudah disebut “Gunung”. Permukaan tertinggi ialah Vaalserberg, yang berada di provinsi Limburg, mempunyai ketinggian 323 m. Permukaan yang terendah ialah Nieuwerkerk aan den IJssel, yang berada 6.76 dibawah permukaan laut.
3. Schipol Terletak 4,5 m DPL
Bandara Udara Internasional Schiphol adalah bandara utama di Belanda yang terletak 4,5 m di bawah permukaan laut (DPL), tepatnya di selatan Amsterdam, persisnya digemeente Haarlemmermeer. Pada 2004, Schiphol meraih urutan keempat di Eropa untuk jumlah penumpang sebesar 42.541.000 orang. Schiphol dibangun sebagai sebuah terminal besar yang kemudian dibagi menjadi tiga bagian, yang terakhir selesai pada 1994. Bandara Schiphol merupakan pusat operasi KLM, Martinair, dan Transavia. Karena padatnya lalu lintas dan biaya yang tinggi, beberapa maskapai pindah ke bandara lain yang lebih kecil seperti di Groningen, Rotterdam, Eindhoven dan Maastricht.
4. New York dan Buah Pala
New York didirikan sebagai sebuah pos dagang komersial oleh Belanda pada tahun 1624. Permukiman ini dinamai Amsterdam Baru hingga 1664 ketika koloni ini berada di bawah kekuasaan Inggris. Menurut cerita, serah terima kekuasaan Belanda atas New York pada Inggris terjadi di kota Breda (Belanda). Peristiwa ini dikenal dengan  Perjanjian Breda (Treaty of Breda) pada 31 Juli 1667. Dua diantara poin terpenting perjanjian tersebut adalah:

1.     Inggris mendapat klaim atas koloni Belanda di Amerika Utara yang bernama New Amsterdam, yang kemudian ditukar namanya menjadi New York;

2.     Sebagai gantinya, Belanda mendapat kuasa penuh atas Pulau Run di Maluku (Indonesia) yang kaya-raya dengan tanaman pala.
5. Jumlah Museum yang Mencapai 1000
Banyak benda-benda sejarah kekayaan Indonesia, dikoleksi di museum-museum Nasional di Negeri Belanda.  Mereka mendapatkan koleksi itu ketika Pemerintah Kolonial Belanda menjajah di Indonesia yang lamanya mencapai 3,5 abad. Keberadaan museum sangat signifikan di Belanda. Dengan jumlah museum yang hampir 1000, menjadikan Belanda memiliki tingkat kepadatan jumlah museum tertinggi di dunia. Hal ini tentunya menjadi aset pariwisata dan studi ilmiah bagi Belanda itu sendiri

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More