Selasa, 11 Juni 2013

Apa itu Oktoberfest ?


Oktoberfest adalah festival musim gugur tahunan yang berlangsung di Munich, Jerman.

Festival ini identik dengan sajian bir dalam jumlah besar beserta berbagai makanan tradisional Jerman, serta banyak kegembiraan lainnya.

Dengan beberapa pengecualian karena perang, Jerman telah merayakan Oktoberfest setiap tahun sejak tahun 1810.

Banyak masyarakat dengan populasi besar orang Jerman merayakan versi Oktoberfest mereka sendiri, mendorong warga lain untuk turut merayakan warisan Jerman dan bergabung dalam kegembiraan bersama.

Oktoberfest pertama sebenarnya merupakan acara pacuan kuda yang diselenggarakan untuk merayakan pernikahan Putra Mahkota Ludwig I dan istrinya Therese Saxe-Hildburghausen.

Perlombaan itu begitu sukses sehingga mereka memutuskan untuk mengadakan acara tersebut secara teratur.

Seiring waktu, bir turut andil dalam festival hingga akhirnya menjadi fitur utama dari Oktoberfest. Pacuan kuda akhirnya ditiadakan sejak pertengahan abad ke-20.

Pusat penyelenggaraan Oktoberfest modern berada Theresienwiese atau “lapangan Therese.”

Tenda besar didirikan di lapangan oleh banyak pabrik bir terkenal Jerman yang menyajikannya kepada pengunjung.

Berbagai tenda juga menyajikan pertunjukan musik dimana pengunjung bisa mendengarkan musik sambil mencicipi bir serta menikmati berbagai makanan.

Banyak pengunjung juga mengenakan pakaian tradisional Bavaria untuk lebih mendapatkan semangat Oktoberfest.

Salah satu fitur khas Oktoberfest adalah bir berwarna gelap dan kaya yang disebut Maß, yang secara tradisional disajikan dalam wadah berukuran satu liter.

Harga bir ini konon bisa menjadi indikator kesehatan ekonomi secara umum, dengan kenaikan harga yang tentu akan selalu dikeluhkan oleh pengunjung.

Oktoberfest berlangsung selama 16 hari dan dibuka oleh Walikota Munich yang secara seremonial mengetuk sebuah tong bir Maß.

Selama Oktoberfest, begitu banyak pengunjung yang hadir sehingga menjadikan acara ini sebagai festival terbesar di dunia.

credit

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More