Kamis, 27 Juni 2013

Biografi Amerigo Vespucci


Amerigo Vespucci adalah seorang pelaut yang memimpin sejumlah ekspedisi untuk mengeksplorasi Amerika Selatan.

Dia menjelajahi pantai timur Amerika Selatan antara tahun 1499 hingga 1502.

Perjalanan Vespucci secara luas dikenal di seluruh Eropa setelah catatan perjalanannya diterbitkan.

Pada tahun 1507, seorang kartografer bernama Martin Waldseemüller berhasil merevisi peta dunia termasuk memasukkan benua baru yang dipetakan Vespucci dan menamakannya Amerika, mengambil nama depan sang penjelajah.

Vespucci ditugaskan oleh Raja Ferdinand dari Spanyol untuk mendirikan sekolah untuk navigator, melakukan standarisasi dan modernisasi teknik navigasi, dan mengembangkan metode akurat untuk menentukan bujur.

Terdapat kontroversi yang mengatakan bahwa Amerigo Vespucci berusaha menyaingi nama besar Christopher Columbus.

Amerigo Vespucci adalah pelaut kelahiran Italia yang dididik oleh pamannya dan diperkenalkan ke dunia pelayaran dan perdagangan.

Bisnis perdagangan membawanya ke Portugal dan disanalah dia mulai berlayar ke berbagai tempat yang jauh.

Sebagai seorang navigator terampil, Vespucci secara konsisten berusaha menempuh rute terpendek ke Asia, sekaligus memetakan seluruh Amerika Tengah dan Selatan, Venezuela serta Brasil.

Dia memulai eksplorasi di berbagai daerah di Amerika Selatan ketika bekerja untuk dua bersaudara Lorenzo de ‘Medici dan Giovanni.

Vespucci kemudian pindah ke Spanyol pada tahun 1492. Disana dia memperoleh gelar ‘Kepala Navigasi dari Spanyol’ atau ‘Piloto Mayor de Indias’ pada 1508 dan ditugaskan melakukan perencanaan pelayaran.

Amerigo Vespucci mengabadikan eksplorasinya ke Dunia Baru dalam dua surat.

Kedua surat tersebut lantas diterbitkan. Surat pertama diberi judul Mundus Novus atau Dunia Baru yang pada awalnya dikirim dari Lisbon ke Lorenzo di Pierfrancesco de ‘Medici. Surat ini menggambarkan perjalanannya ke Amerika Selatan antara tahun 1501 dan 1502.

Surat kedua diberi judul ‘Lettera di Amerigo Vespucci delle isole nuovamente trovate di quattro suoi viaggi’ atau disingkat ‘Lettera al Soderini’, yang terutama berisi kisah penemuan kepulauan baru di lepas pantai Dunia Baru.

Surat ini ditujukan kepada Piero Soderini dan dicetak pada tahun 1504, menyoroti perjalanan Vespucci di Amerika antara tahun 1497 hingga 1504.

Antara tahun 1499 dan 1500, Amerigo Vespucci dan Alonso de Ojeda berlayar untuk menentukan rute di sekitar ujung selatan Afrika menuju Samudera Hindia.

Namun, kerja ini berakhir saat kedua penjelajah mencapai apa yang sekarang kita kenal sebagai Guyana.

Vespucci terus berlayar ke selatan dan menemukan Sungai Amazon, Trinidad, dan Sungai Orinoco.

Dia akhirnya mengambil rute Hispaniola untuk kemudian kembali ke Spanyol.

Setelah itu, pada pelayaran yang dipimpin oleh Gonçalo Coelho antara tahun 1501 dan 1502, Vespucci dalam suratnya mengklaim bahwa awak kapal berlayar ke Cape Verde, kemudian pantai Brasil dan akhirnya ke teluk Rio de Janeiro.

Namun, klaim tersebut diselimuti oleh kontroversi karena muara Río de la Plata tidak disebutkan sama sekali.

Setelah melakukan berbagai eksplorasi, Amerigo menjadi Master Navigator di Seville dan terus memegang posisi itu sampai kematiannya pada tahun 1512.

Tekadnya untuk pengembangan buku dan peta tentang navigasi tak tertandingi.

Perhitungan Vespucci tentang jarak sebagian besar didasarkan pada pergerakan Mars dengan Bulan.

Tulisan yang diterbitkan Vespucci merupakan sumber kaya informasi tentang budaya masyarakat pribumi yang dia temui selama penjelahan hingga deskripsi daerah baru yang dijelajahinya.

credit

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More