Rabu, 12 Juni 2013

Fakta dan Sejarah Kremlin


Kremlin, yang terletak di Moskow, Rusia, merupakan kompleks bangunan dikelilingi tembok yang awalnya dirancang sebagai benteng abad pertengahan.

Bangunan-bangunan yang terdapat di dalam kompleks termasuk gereja, istana, gudang senjata, dan berbagai menara pengawas.

Kremlin juga memiliki taman indah yang terpelihara dengan baik serta dilengkapi jalan setapak untuk pengunjung.

Kremlin telah lama dikaitkan dengan pemerintahan dan budaya Rusia. Pada tahun 1990, kompleks ini diakui sebagai Situs Warisan Dunia oleh PBB.

Dalam bahasa Rusia, kata “kremlin” berarti benteng. Penyebutan pertama Kremlin terjadi pada tahun 1147, ketika pesta diselenggarakan di sana.

Sekitar tahun 1100, Kremlin merupakan sebuah kota benteng tertutup. Kompleks ini lantas diperluas pada abad ke-12 dan menjadi pusat kekuasaan Rusia.

Pada tahun 1703, pusat kekuasaan dipindahkan ke St Petersburg. Setelah Revolusi Rusia tahun 1918, Moskow dikembalikan lagi sebagai ibukota Rusia.

Kremlin kini juga menjadi lokasi rumah kepresidenan sejak tahun 1992 sekaligus lokasi pertemuan anggota kongres Rusia.

Dinding luar memiliki serangkaian menara pengawas tinggi. Seperti dindingnya, menara tersebut dibangun dari batu bata merah dengan puncak berwarna hijau berbentuk khas.

Pada tahun 1930, bintang merah ditambahkan ke bagian atas menara. Menara Kremlin dibangun pada akhir abad ke-15 oleh beberapa arsitek Italia.

Pengunjung Kremlin biasanya masuk melalui menara Trinity yang terletak di ujung barat kompleks.

Saat ini, kompleks Kremlin mencakup gedung kongres, kediaman presiden, Cathedral of the Assumption, dan gudang senjata bersejarah.

Kremlin juga memuat Ivan the Great Belltower yang tampak mendominasi kompleks. Belltower ini memiliki tinggi sekitar 80 meter.

Selain itu, di dalam kompleks juga berdiri Cathedral of the Assumption yang dibangun pada tahun 1470 oleh Ivan the Great.

Katedral ini menjadi kantor utama Gereja Ortodoks Rusia dan terkenal karena memiliki kubah indah berwarna keemasan.

Berbagai gereja lain juga melengkapi Cathedral of the Assumption, termasuk Katedral Archangel Michael dan Katedral 12 Rasul.

Sebagai informasi, gudang senjata tidak lagi digunakan untuk menyimpan senjata. Saat ini, bangunan tersebut difungsikan sebagai museum di mana pengunjung dapat melihat artefak dari sejarah Rusia.

Kremlin merupakan lambang ikonik budaya, masyarakat, dan arsitektur Rusia.

Kujungan ke Moscow tidak akan lengkap tanpa singggah untuk menikmati Kremlin.

credit

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More